Selamat Datang di Website Sistem Informasi Desa Mandalasari Kecamatan Cikancung Kabupaten Bandung | Kantor Desa Mandalasari Membuka Pelayanan Publik Pada Hari Senin - Jum'at Pukul 08.00 WIB-15.00 WIB MANDALASARI MAJU MENUJU DESA MANDIRI Email | desa.mandalasari2001@gmail.com

Artikel

BIMTEK SISTEM INFORMASI DESA 2021

14 September 2021 14:05:41    483 Kali Dibaca  Berita Desa

Soreang | Selasa, 14 September 2021. Dalam rangka menjalankan amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2018 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan implementasi visi misi Bupati Bandung “Mengoptimalkan tata kelola pemerintahan melalui birokrasi yang profesional, dan tata kehidupan masyarkat yang berlandaskan nilai-nilai keagamaan”.

Dinas Komunikasi Informatika Kabupaten Bandung menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi Portal Kabupaten Bandung Bedas Manunggal dengan Sistem Informasi Desa (SID), bertempat di Sutan Raja Hotel Convention yang dibagi 3 gelombang yang berlangsung dari tanggal 13-15 September 2021 dikarenakan masih dalam keadaan pandemi Covid-19.

Terdapat empat tema dalam bimtek tersebut antara lain yaitu:

  1. Jurnalistik, Membuat Artikel Dan Manual Opensid - Didik
  2. Laporan Siskeudes - Taufik Ridho, S. Kom
  3. Aplikasi Beladiri (Bedas Layanan Mandiri) - Andri
  4. Materi Branding dengan Canva - Mugi Rachmat

Lusianto, S. Kom, M. Si mengatakan, diperlukan suatu mekanisme untuk menjaga integritas dokumen dan transaksi elektronik serta menjamin keaslian identitas para pihak yang bertransaksi secara elektronik.

Salah satu solusi untuk menjaga identitas terpercaya, integritas adalah dengan menggunakan tanda tangan elektronik. 

“Hal ini juga lebih diyakinkan dengan perlindungan keaslian tanda tangan di aplikasi ini dibawah pengawasan BSSN, namun jika ditemukan adanya penyalahgunaan pada aplikasi ini terkait tanda tangan tadi, maka sudah jelas dapat dikenakan sanksi hukum Pidana," terang Kabid Aplikasi Informatika Diskominfo Kabupaten Bandung.

Lusianto, S. Kom, M. Si berharap kepada semua peserta bimtek mengikuti acara ini dengan sebaik-baiknya, dan kedepannya sudah tidak ada lagi yang tidak tahu terkait tandatangan elektronik dan empat tema yang diterangkan oleh para narasumber tersebut. (arie.fahtal)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Informasi COVID-19 Kabupaten Bandung

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI ..... !!!

Aparatur Desa

Mandalasari Channel

Wisata Desa Sirkuit Gunung Buleud

Sinergi Program

Website Resmi Pemerintah Provinsi Jawa Barat Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi Republik Indonesia E-Samsat Jabar
Intagram Desa Mandalasari Facebook Desa Mandalasari Twitter Desa Mandalasari
Youtube Desa Mandalasari Facebook Kades Whastapp Desa Mandalasari
Bumdes Citra Mandiri
KIM Sari Pasti